Pasien Transmisi Lokal Omicron Pertama Ditemukan di Jakarta, Pasien Sempat Makan di Restoran di SCBD

Kasus tranmisi lokal pertama varian Omicron ditemukan di Jakarta, dan kini sudah diisolasi ke RSPI Sulianti Saroso.

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Pasien Covid-19 dengan varian Omicron dijemput dari apartemen Green Bay Condo, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (28/12/2021). 

WARTA KOTA -- Kementerian Kesehatan RI mengumumkan telah ditemukan kasus transmisi lokal varian Omicron.

Kabar ini disampaikan oleh dr Siti Nadia Tramisi M.Epid, juru bicara Kementerian Kesehatan untuk Covid-19, dalam jumpa pers virtual pada Selasa (28/12).

Kementerian Kesehatan memastikan pasien tertular di Indonesia karena tak melakukan perjalanan ke luar negeri dalam beberapa bulan terakhir.

Pasien transmisi lokal Omicron pertama itu adalah seorang pria berusia 37 tahun yang berdomisili di Medan, Sumatra Utara.

Restoran di SCBD

Dalam jumpa pers itu dr Nadia menjabarkan kronologis perjalanan dan aktivitas pria itu, sampai terdeteksi Omicron.

"Pasien dan istri tinggal di Medan dan ke Jakarta 1 bulan sekali. Mereka tiba di Jakarta tanggal 6 Desember lalu, kemudian tanggal 17 Desember sempat mengunjungi salah satu restoran di SCBD,. Pada 19 Desember melakukan tes antigen karena yang bersangkutan berencana kembali ke Medan dan dinyatakan positi," kata dr Nadia.

Berdasarkan hasil pemeriksaan itu, pria tersebut melakukan pemeriksaan PCR pada 20 Desember 2021 untuk memastikan hasil tes antigen sehari sebelumnya.

Hasil pemeriksaan PCR dengan SGTF (S-Gene Target Failure) juga positif, dan mendapat konfirmasi positif Omicron pada 26 Desember 2021 dari laboratorium GSI.

Tanpa gejala

Menurut dr Nadia, pria tersebut tak menunjukkan gejala klinis Covid-19, dan baru terungkap mengidap Covid-19 karena melakukan pemeriksaan antigen.

Sebagai tindak lanjut dari konfirmasi positif Omicron, pria itu kini dirawat di RSPI Sulianti Saroso sejak hari ini.

Dokter Nadia juga mengungkapkan istri yang bersangkutan sudah diperiksa, dan hasilnya tidak mengidap Covid-19

TracingĀ 

Dinas Kesehatan DKI Jakarta langsung melakukan tracing kontak erat di tempat-tempat yang dikunjungi pasien selama berada di Jakarta, terutama di apartemen Green Bay Condo, Pluit, Penjaringan, yang merupakan domisili pasien di Jakarta mulai 6 Desember 2021.

Selain itu tracing juga dilakukan Dinkes DKI bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di restoran di kawasan SCBD, yang dikunjungi pasien pada 17 Desember 2021.

Selain itu tracing dilakukan kepada tenaga kesehatan di Rumah Sakit Grand Family Pluit, serta tenaga kesehatan di laboratorium CellScience tempat pasien melakukan tes antigen dan PCR.

Evakuasi

Proses mengevakuasi pasien Covid-19 dengan varian Omicron itu dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.

Menurut Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Guruh Arif Darmawan, pasien dijemput dari apartemen Green Bay Condo, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, menggunakan ambulans.

Ikuti kami di
KOMENTAR
1217 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved