Dante Saksono: Semakin Lama Pandemi Covid-19 Berlangsung, Semakin Banyak Varian Baru yang Muncul

Semakin lama pandemi Covid-19 berlangsung, akan semakin banyak varian baru hasil mutasi bermunculan.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Medical News Today
Semakin lama pandemi Covid-19 berlangsung, dan semakin banyak orang tertular, akan semakin banyak varian virus yang muncul. Keterangan foto: Ilustrasi 

WARTA KOTA -- Varian Mu sedang ramai diperbincangkan di Indonesia, sejak disebut oleh Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemartiman dan Investasi (Menko Marinves) pada 6 September lalu.

Wakil Menteri Kesehatan RI dr. Dante Saksono Harbuwono kemudian menjelaskan lebih jauh tentang salah satu mutasi virus SARS-CoV-2 ini.

Menurut laman Kementerian Kesehatan, varian Mu memiliki resistensi terhadap vaksin Covid-19.

Untungnya hingga saat ini varian tersebut belum terdeteksi di Indonesia.

Meskipun begitu, masyarakat diminta tetap waspada terhadap kemungkinan gelombang ketiga Covid-19 apabila tidak patuh protokol Kesehatan.

Mutasi

Menurut Dante, semakin lama pandemi ini berlangsung dan semakin tinggi kasus Covid-19, maka virus itu akan terus melakukan modifikasi dan mutasi.

"Di sekitar kita varian ini belum terdeteksi. Kami sudah melakukan genome sequencing terhadap 7.000-an orang di Indonesia dan belum mendeteksi varian tersebut. Mudah-mudahan varian Mu ini akan abortif," katanya dalam konferensi pers pada Senin (6/9).

Resistensi varian Mu ini terjadi secara konteks laboratorium, bukan dalam konteks epidemiologi.

"Varian Mu itu mempunyai resistensi terhadap kondisi vaksin, tetapi penyebarannya tidak hebat seperti varian Delta," kata dr. Dante.

Dalam konferensi pers itu pula Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan bahwa jika pandemi berlanjut bisa memunculkan varian-varian lain.

Karena itulah mengapa Pemerintah selalu menyerukan disiplin protokol kesehatan kepada masyarakat.

"Saya sekali lagi mengimbau (agar) kita semua supaya kompak untuk disiplin, dan saling mengingatkan supaya kita jangan kena lagi gelombang ketiga. Karena tadi sudah dijelaskan ada varian Mu, (yang) tidak diketahui apakah lebih dahsyat dan lebih ganas," kata Luhut dengan tegas.

Contoh untuk situasi ini adalah varian Delta, yang "lahir" dari berlarut-larut dan luasnya pandemi di India.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR
1201 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Hasan Hasan
2021-11-10 18:32:02
sudah vaksin dosis 1 dan dosia 2 sertifikat belum muncul

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved