Ayo Bikin Kegiatan Seru di Rumah saja Bersama Anak saat PPKM Darurat

Selama PPKM Darurat berlangsung, orangtua harus memikirkan kegiatan di rumah saja yang seru, agar anak-anak tidak bosan.

Editor: AC Pinkan Ulaan
Winter is not Coming
Kebijakan PPKM Darurat membuat anak-anak harus dia di rumah saja kembali. Orangtua harus memikirkan kegiatan di rumah saja yang seru, agar anak-anak tidak bosan. Salah satu kegiatan bersama yang seru itu ialah memasak. Keterangan foto: Ilustrasi 

WARTA KOTA -- Banyak orangtua sudah merindukan sekolah tatap muka dimulai kembali, karena sudah kehabisan akal mencari kegiatan untuk anak-anaknya.

Namun apa daya, kasus Covid-19 di Indonesia meledak mulai Juni lalu, sehingga Pemerintah menerapkan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

Dalam kebijakan ini, masyarakat diminta dengan sungguh-sungguh agar tidak keluar rumah bila tak ada urusan mendesak.

Sekolah pun dilarang melakukan pembelajaran tatap muka, meski tahun ajaran baru sudah dimulai.

Orang dewasa mungkin lebih mengerti penyebab kebijakan itu harus dilakukan. Namun bagi anak-anak, hal ini sangat mengecewakan.

Berada di rumah saja tentu sangat membosankan anak-anak. Karena itu orangtua dituntut kreatif dan inovatif untuk mengatasi kebosanan anak di masa PPKM ini.

Kondisi ini juga sebenarnya waktu yang tepat untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dalam keluarga.

Manfaat

Seperti yang dicanangkan Pemerintah pada tahun 1992, Presiden Republik Indonesia kala itu menetapkan tanggal 29 Juni sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas), dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan.

Dilansir dari siaran pers yang diterima Warta Kota, Rabu (14/7/2021), meski sudah lebih dari satu tahun ini mengalami situasi pandemi Covid-19, dan merasakan selalu berkumpul selama 24 jam sehari bersama anggota keluarga serumah, masyarakat tetap terus diingatkan akan pentingnya meluangkan waktu berkualitas dengan keluarga.

Manfaat yang bisa didapatkan dengan meluangkan waktu bersama keluarga ialah:

1. Komunikasi

Dengan meluangkan waktu bersama, orangtua dan anak-anak bisa berdiskusi tentang banyak topik.

Seperti hal-hal yang lebih ingin diketahui anak, dan juga masalah yang sedang dihadapi anak.

Anak pun bisa jadi lebih terbuka untuk bercerita kepada orangtua.

2. Meningkatkan rasa percaya diri

Waktu meluangkan waktu bersama anak dapat menjadi kesempatan bagi orangtua untuk mencari tahu kekuatan dan kelemahan anak.

Dengan memaksimalkan kekuatan dan membantu menghadapi kelemahan anak, orangtua dapat membantu anak untuk menjadi semakin percaya diri.

3. Memberikan contoh yang baik

Saat anak sedang bersama orangtua, mereka akan melihat hal apa saja yang dilakukan orangtua dan menirunya.

Ikuti kami di
KOMENTAR
1147 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved