Kpop

K-POP: Buntut Kaos I.M Monsta X dengan Tulisan "Allah", Starship Entertainment Langsung Minta Maaf

I.M, dengan diwakili Starship Entertainment, langsung minta maaf, karena mengenakan t-shirt dengan tulisan "Bismillah".

Penulis: AC Pinkan Ulaan
Editor: AC Pinkan Ulaan
Instagram/official_monta_x
I.M mendapat kecaman karena menggunakan kaos dengan motif hias tulisan "Bismillah" dalam huruf Arab. Keterangan foto: I.M dalam materi promosi Duality. 

WARTA KOTA - T-shirt dengan motif kaligrafi bahasa asing memang selalu menarik perhatian, karena unik dan menimbulkan rasa penasaran.

Hanya saja, bila sembarangan memakainya dan tidak tahu arti kaligrafi itu, bisa membuat orang lain tersinggung dan menimbulkan kontroversi.

Ini pula yang terjadi kepada seorang I.M, salah satu personel boyband Korea Selatan, Monsta X belum lama ini.

Tidak peka budaya

Sebagaimana dilansir South China Morning Post (SCMP), salah seorang personelnya, I.M mengenakan t-shirt dengan motif kaligrafi Arab. Ternyata di kaligrafi itu tertulis nama Allah, yang begitu sakral bagi umat Muslim.

Alhasil Monsta X, terutama I.M, langsung dikecam banyak orang karena tidak peka budaya bangsa lain.

Starship Entertainment, perusahaan musik yang menaungi Monsta X, buru-buru mengeluarkan permintaan maaf mewakili I.M dan Monsta. Permintaan maaf itu dimuat di laman fan cafe resmi milik Monsta X.

"Kami akan lebih hati-hati di masa depan, untuk memastikan tak ada lagi kesalahan yang menyinggung kepercayaan orang lain dalam konsep foto yang kami buat. Kami juga menyesal untuk kelalaian tidak melakukan pemeriksaan secara cermat (dalam kasus ini)," begitu bunyi sebagian dari permintaan maaf itu.

"Kami juga memohon maaf sedalam-dalamnya untuk masyarakat yang tidak nyaman dengan tindakan kami. Kami memastikan akan berupaya keras untuk mencegah terulang kembali kejadian seperti ini. Kami memohon maaf dengan tulus," begitu bunyi lanjuta permintaan maaf itu. 

Mini Album

I.M mengenakan kaos yang menimbulkan kontroversi itu untuk foto promosi mini album solo perdananya.

Foto tersebut kemudian diunggah ke laman dan media sosial resmi boyband tersebut. Tentu juga di media sosial resmi I.M.

Kini foto tersebut sudah dihapus, setelah pihak Starship Entertainment mendapat ribuan keluhan soal t-shirt penyanyi bernama asli Im Chang kyun tersebut.

Kaligrafi di kaos itu rupanya memuat tulisan "Bismillah", yang memiliki makna sangat penting dan mendalam bagi umat Muslim.

Menurut para pemrotes, sangat tidak sopan menggunakan kaligrafi bermakna religius hanya sebagai ragam hias, dan tanpa maksud menampilkan pentingnya arti dari tulisan itu.

Belum diketahui apakan insiden ini akan memengaruhi penjualan mini album I.M tersebut, yang akan diluncurkan pada 19 Februari besok.

Mini album itu bertajuk Duality, dan direncanakan berisi lima lagu termasuk God Damn.

Bukan yang pertama

Kasus kaos I.M itu bukanlah yang pertama yang terjadi di Korea Selatan, sebab pada Oktober tahun lalu boyband NCT juga menuai kecaman karena menggunakan tempat suci bagi umat Muslim sebagai dekorasi penampilan mereka.

Sebagaimana diwartakan Malaymail pada bulan Oktober 2020, saat tampil di program Inkigayo, salah satu gambar yang digunakan sebagai dekorasi panggung adalah mausoleum Iman Husein di Karbala, Irak, serta sebaris doa Islam.

Iman Husein adalah cucu Nabi Muhammad SAW, yang meninggal dan dimakamkan di Karbala.

Gambar bagian dalam mausoleum itu ditampilkan saat NCT membawakan single mereka, Make a Wish (Birthday Song), sambil menari dengan gerakan-gerakan cepat dan atraktif. Sangat berlawanan dari atmosfer sebuah mausoleum.

Ikuti kami di
KOMENTAR
908 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved